foto hanya ilustrasi

 

Kebutuhan akan tempat tinggal menjadi salah satu urgensi hidup manusia. Tanpa tempat tinggal, orang akan sakit karena tidak memiliki tempat berlindung saat hujan dan panas serta tidak ada tempat untuk istirahat (yang layak). Apalagi jika mencari rumah di kota besar untuk dijadikan hunian. Mencari rumah murah di Medan tidak jauh berbeda dengan mencari rumah murah di Jakarta, sangat sulit.

Meski ada yang sudah memiliki tempat tinggal layak di kontrakan atau rumah sewanya, mereka tetap ingin memiliki rumah sendiri. Sayangnya alokasi dana subsidi untuk rumah murah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBS) dan kurang mampu masih belum berfungsi optimal dengan alasan hambatan dalam pembebasan lahan. Namun jika jeli, sebenarnya Anda juga masih bisa menemukan rumah murah. Bagaimana caranya? Simak tips-tips berikut.

 

  1. Mencari Rumah Lelang

Rumah hasil lelang biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah pada umumnya karena rumah yang dilelang ini adalah milik debitur yang tidak mampu membayar kredit cicilan pembayaran rumah di bank. Hasil dari rumah yang disita dan dilelang ini selanjutnya digunakan untuk melunasi sisa cicilan.

Bank membutuhkan dana sesegera mungkin sehingga harganya pun murah. Hal ini juga bertujuan untuk mendapat dana segar sehingga arus keuangannya tidak terganggu. Melalui penjualan murah rumah lelang, bank lebih cepat mendapatkan uang. Anda yang menginginkan untuk memiliki rumah lelang, harus jeli karena banyak juga yang mengincar properti lelang ini.

 

  1. Mencari Rumah di Pinggiran Kota

Rumah yang berada di pinggiran kota metropolis Jakarta, Surabaya, maupun Medan cenderung murah dari yang letaknya di pusat kota. Lagipula memiliki rumah murah yang nyaman di pusat kota membutuhkan keberuntungan. sebab rata-rata rumah yang dijual dipatok dengan harga tinggi dan dengan desain cenderung mewah.

Memilih rumah di kawasan pinggir kota merupaka salah satu alternatif untuk mendapat harga murah sehingga dapat pula dijadikan investasi yang menjanjikan karena tidak menutup kemungkinan kawasan pinggiran ini akan semakin berkembang seiring lokasinya sebagai penyangga kota.

Survei terlebih dahulu lokasi dan pilih yang memiliki kemudahan dalam akses dari dan menuju pusat kota. Cek pula tingkat kerawanannya, terutama dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan angin puting beliung.

 

  1. Mencari Rumah yang Sudah Tua

Pilih rumah berusia tua namun masih layak huni kemudian pastikan harganya benar-benar rumah agar Anda tidak terkejut saat harganyayang masih mahal dengan alasan lokasi yang strategis. Terkadang rumah tua harganya justru mahal karena bernilai sejarah dan dibangun dengan material berkualitas tinggi.

Rumah tua biasanya kondisinya sudah tidak mulus, seperti cat yang luntur, genting bocor, dan saluran air rusak. Pemilik rumah menjualnya karena telah memiliki atau membangun rumah lain yang lebih bagus. Meski mendapat harga murah, Anda tetap harus menganggarkan dana perbaikan jika benar-benar membeli rumah ini.

 

  1. Prioritas dan Perbandingan

Setelah Anda mengumpulkan informasi rumah murah impian Anda, selanjutnya pilih yang terbaik. Buat pula daftar perbandingan antara harga rumah, kestrategisan lokasi, kelengkapan surat kepemilikan dan lainnya. Dengan menerapkan skala prioritas, Anda dapat memilih rumah terbaik dan termurah dari banyak pilihan rumah murah di Medan.

 

  1. Membeli Rumah dari Orang yang Sedang Membutuhkan Uang

Pada beberpa kasus jual beli rumah, kadang penjual terpaksa menjual rumahnya karena membutuhkan uang untuk keperluan mendesak sehingga seringkali tidak mempermasalahkan harga murah yang Anda minta. Penjual biasanya lebih mudah untuk diajak bernegosiasi. Anda pun bisa menawar untuk mendapat harga lebih rendah.

Karena jarang menemui orang yang menjual rumah dalam keadaan terdesak, Anda perlu melakukan survei untuk menemukan orang yang membutuhkan uang dengan jalan menjual rumah. Cari informasi dengan bertanya kepada sahabat, rekan kerja, ataupun mencari informasi yang kian bertebaran di media massa dan juga internet.

 

  1. Membeli Rumah Langsung dari Pemiliknya

Belilah rumah langsung dari pemiliknya, karena dengan bertransaksi face to face tanpa perantara, Anda bisa menghemat biaya tanpa perlu memberi komisi kepada perantara. Anda pun lebih bebas menggali informasi tentang kelebihan rumah yang Anda beli, seperti fasilitas, kestrategisan lokasi serta menawar harga.

 

  1. Mencari Info Rumah Subsidi Murah

Sebagian besar masyarakat masih belum mengetahui informasi tentang rumah bersubsidi. Padahal pemerintah telah menawarkan Program Sejuta Rumah, memfasilitasi masyarakat untuk memiliki hunian pribadi dengan harga terjangkau dan mudah. Oleh karena itu, proses sosialisasi mengenai rumah murah bersubsidi ini harus dilakukan lebih gencar agar tepat sasaran.

Selama ini tentu masih banyak orang yang kebingungan untuk mendapatkan informasi rumah subsidi murah. Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk memperoleh informasi terbaru tentang rumah KPR subsidi tahun aalu, 2016.

  1. Mencari informasi pengembang properti
  2. Memantau media sosial
  3. Langsung mendatangi pengembang properti
  4. Ikut pameran property

 

Nah, 7 tips mudah mendapat hunian murah di atas dapat Anda terapkan saat Anda mencari rumah murah di Medan untuk dijadikan hunian Anda. Anda juga bisa menginformasikan tips-tips tersebut pada saudara atau kenalan yang baru menikah dan membutuhkan rumah dengan harga terjangkau. Ayo, jemput rumah murah Anda!